FREE JOIN





Sabtu, Januari 31, 2009

Gmail Gears, Akses Gmail Tanpa Koneksi Internet

Email berbasis web memang masih cukup menjadi trend untuk saat ini, bisa dicek melalui computer, smartphone dengan fasilitas 3G, Wi-Fi, atau dari kartu mobile broadband untuk penggunaan wireless di pesawat terbang. Namun, kini penggunaan webmail semakin diperluas.

Pada hari Selasa (27/01) kemarin, Gmail Labs telah membuat terobosan baru yang membantu untuk menjalankan webmail secara offline, yakni dengan Gmail ofline. Dengan Gmail offline, walaupun user sedang offline atau tidak sedang terkoneksi dengan Internet, user dapat membuka web browser, click gmail.com, dan user akan menemukan mail seperti ketika digunakan saat online.

Sekali user menginstal fitur ini, pengguna Gmail akan segera menggunakan Gears untuk men-download local cache dari mail-nya. Selama user terkoneksi dengan jaringan Internet, cache tersebut akan disinkronisasikan dengan server Gmail. Ketika user kehilangan koneksi jaringan, Gmail akan secara otomatis berpindah (switch) ke modus offline, dan menggunakan simpanan data yang tersimpan di harddsik computer, sebagai pengganti tempat informasi yang dikirmkan ke jaringa Internet sebelumnya.

User dapat membaca pesan, melabeli pesan, dan melakukan semua hal yang biasa dilakukan ketika mengakses webmail Gmail secara online. Pesan yang dikirimkan ketika offline akan ditempatkan di outbox dan secara otomatis akan terkirimkan setelah Gmail mendeteksi adanya sambungan koneksi Internet. Jika user mengalami koneksi yang lambat atau putus-putus, maka user dapat menggunakan ‘serpihan koneksi’ yang berada di local cache saat kondisi tidak tersambung Internet, namun masih dapat mensinkronisasikan mail dengan server Gmail.

Gmail Labs membuat Gmail offline dapat dinikmati oleh siapa saja yang menggunakan Gmail U.S atau Inggris, dalam beberapa hari ke depan, sehingga untuk tab Labs ini mungkin belum ada, namun akan segera ada. Jika sudah ada, pengguna Gmail dapat melakukan langkah berikut untuk menggunakan Gmail offline :

* Click Settings dan click tab “Labs”.
* Pilih “Enable” di samping “Offline Gmail”.
* Click “Save Changes”.
* Setelah browser di-load, akan tertampil link baru "Offline0.1" di sudut kanan atas dari account, di dekat “username”.
* Click link tersebut untuk memulai proses setup dan download Gears.



0 komentar:

Posting Komentar